Fenni Ervianingsih \(^.^)/

Manfaat Air Tebu

Posted by : Unknown

Manfaat Air Tebu 


 KHASIAT AIR TEBU
Tebu (Sacharum officinarum, Linn.)
Sinonim : Familia : Peaceae
Komposisi     : Kandungan Kimia : Batang TEBU (Sacharum officinarum)  mengandung air gula yang berkadar sampai 20%.
Kandungan :

Ø         Senyawa Saccharant yang berfungsi sebagai antidiabetes, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabet (kencing manis)

Ø         Vit B 2 (riboflavin).
Ø         Asam Lemak
Ø         Senyawa  Octacosanol
Manfaat Air Tebu :
1.      Menurunkan  Kadar Kolesterol
Octacosanol adalah sejenis alcohol rantai panjang yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan juga menghambat penumpukan plak pada dinding pembuluh, bahkan ia (Octacosanol) adalah perlindungan terhadap oksidasi protein darah. Menurut hasil riset  National center for scientific Research Havana Kuba. Octacosanol menekan sintesa kolesterol yang di produksi di dalam hati. Hal ini terlihat dari adanya pengaturan enzim reductase HMG-CoA–Enzim yang membatasi laju sintesa kolesterol. Pengamatan jangka panjang terhadap konsumsi octacosanol membuktikan senyawa itu dapat menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol darah tanpa efek samping. Pemberian policasanol 10 mg per hari  menunjukkan penurunan total kolesterol 17,5% dan DDL-Kolesterol 21,8% namun tidak terjadi peningkatan pada kadar glukosa atau glikemik darah. Malah kadar HDL – Kolesterol meningkat 11,3%.
2.      AntiDiabetes
Menurut dr. C.J. Soegiharjo Apt. dari fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada Yogyakarta, air perasan tebu memiliki efek anti diabetic. “Bila diminum Ia mampu mengatasi diabetes” paparnya ketika ia ditemui TRUBUS. Air tebu mengandung sakaran, senyawa anti diabetik. Sayangnya dalam pengolahan menjadi gula pasir, senyawa itu hilang saat proses pemanasan. Yang bertahan justru sakarosa, senyawa pencetus diabetes.
Tebu juga mengandung asam lemak  yang memiliki efek anti radang dan analgetik. Ini dibuktikan dengan pemberian suatu campuran asam lemak yang diisolasi dari tebu kepada tikus. Tikus yang kesakitan setelah diletakkan diatas piring panas dan diberi asam asetat, menjadi tenang setelah minum larutan itu.
Secara tradisional masyarakat memang sudah memanfaatkan tebu sebagai antiracun, antiseptic, pengencer dahak dan obat lambung. Bahkan ia juga dipakai untuk mengobati kangker paru-paru, beberapa tumor, dan menyembuhkan luka. Gula tebu juga digunakan untuk pengobatan gonore dan gangguan vagina. Ampas tebu dipakai untuk menutup luka dan membalut patah tulang. Di India jus tebu menjadi obat untuk tumor dibagian perut. Jadi manfaat tebu tak hanya sebatas untuk bahan baku gula pasir saja. àTRUBUS 422, JANUARI 2005 (XXX)



MANFAAT AIR TEBU

1.      Menurunkan kolesterol dalam darah
2.     Menghambat penumpukan plak pada dinding pembuluh darah.
3.      Mengatasi diabetes
4.      Anti racun
5.      Antiseptic
6.      Bakterisida
7.      Penguat jantung/jantung koroner
8.      Pengencer dahak
9.      Obat lambung
10.  Mengobati kanker paru-paru
11.  Mengobati tumor
12.  Mengobati luka
13. Mengobati gonore dan gangguan vagina

MANFAAT AMPAS TEBU

1.      Menutup luka
2.      Membalut patah tulang


Manfaat lain dari Tebu Hitam :

(1)   Meredakan Jantung Berdebar:
3 genggam akar tebu hitam. Dicuci dan direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Minum 2 kali sehari.
(2)   Sakit Panas:
Tebu hitam secukupnya, diperas untuk diambil airnya, lalu diminum.
(3)   Batuk:
3-5 ruas tebu hitam, disesap dan diminum airnya. Atau, dibakar, kemudian dikupas dan diperas untuk diambil airnya.
Sabtu, 09 Februari 2013

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © 2012 my blog | Naruto Vs Sasuke V2 Theme | Designed by Johanes DJ